Mau seperti ini?
Click aja disini---> Menuju Blog Tutorials

STD PENGELOLAAN

RENCANA KERJA DAN ANGGARAN SEKOLAH
RKAS
RENCANA JANGKA PENDEK SATU TAHUN
TAHUN PELAJARAN 2010/2011



A. ANALISIS LINGKUNGAN OPERASIONAL STRATEGIS
SMP Negeri 2 Kwadungan berdiri awal tahun pelajaran 2004/2005, sampai saat ini berumur 6 tahun dan baru meluluskan 4 kali angkatan. Jadi keberadaanya pada tahun ke dua tahab SSN ini masih juga jauh dari apa yang diharapkan. Namun sesuai dengan Visi dan Misi Sekolah, maka SMP Negeri 2 Kwadungan bertekat untuk segera memenuhi apa yang diharapkan oleh masyarakat, Bangsa dan Negara.
Masyarakat sekitar cukup mendukung terhadap keberadaan SMPN 2 Kwadungan Ngawi,

B. ANALISIS KONDISI PENDIDIKAN SAAT INI

Proses belajar mengajar di SMP Negeri 2 Kwadungan Ngawi sangat kondusif, berjalan sebagaimana mestinya sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Sejak Tahun Pelajaran 2006/2007 telah menyiapkan dan melaksanakan KTSP namun baru kelas 7, sedangkan kelas 8 dan 9 masih menggunakan kurikulum 2004. Mulai tahun pelajaran 2009/2010 KTSP telah dilaksanakan untuk semua tingkat (kelas 7,8,9)

. Dalam pelaksanaan kurikulum yang sedang berjalan mengamanatkan pola pembelajaran yang Aktif, Inovatif, Kreatif, Edukatif, Dan Menyenangkan (PAIKEM) . Untuk mewujudkan hal tersebut guru harus mau meningkatkan profesionalisme sebagai pendidik. Guru–guru di SMP Negeri 2 Kwadungan Ngawi telah berupaya untuk mengimplementasikan pola pembelajaran yang diamanatkankan dalam kurikulum, namun masih banyak mengalami kendala. Permasalahan yang muncul guru belum siap menghadapi perubahan, fasilitas kurang memadai, serta infrastruktur yang mendukung pelaksanaan kurikulum belum memadai. Namun demikian guru- guru siap melaksanakan kurikulum dengan segala keterbatasan.

Sampai dengan tahun 2010/2011 SMP Negeri 2 Kwadungan Ngawi dikelola oleh seorang Kepala Sekolah, 33 tenaga pendidik terdiri 30 guru PNS, 3 guru honorer, serta 7 tenaga Tata Usaha, 1 tenaga Perpustakaan, 1 tenaga tukang kebun, dan 2 tenaga keamanan.sekolah.
Untuk mendukung pengelolaan Sekolah berbagai fasilitas untuk mengembangkan diri baru tersedia ruang laboratorium IPA, laboratorium Komputer, lapangan olahraga dan ruang perpustakaan, sedangkan fasilitas lain untuk pengembangan diri seperti ruang Multi Media, ruang keterampilan, ruang kesenian, ruang radio pendidikan, mushola, sampai SSN tahab dua ini belum dapat terpenuhi.

Keberadaan SMP Negeri 2 Kwadungan Ngawi termasuk wilayah pedesaan dan tidak ada jaringan telepon, sehingga untuk mengembangkan ICT harus menggunakan cara lain yaitu menggunakan HP sebagai modem, sehingga perkembanganya sangat lambat dan ini pun baru di ruang TU. Namun dengan adanya Program SSN ini pada tahun 2009/2010 sudah dapat di atasi yaitu dengan memasang Antene untuk akses Internet dan sudah mencakup ruang TU, Kepala Sekolah, Guru dan Lab Komputer. Namun Bandwitnya masih kecil hal ini disebabkan karena belum ada alokasi dana. Rencana tahun ini akan menambah Bandwith sehingga ruang Lab. bisa tersjangkau untuk semua komputer. Keberadaan internet terhadap pelaksanaan pembelajaran pengaruhnya sangat luar biasa yaitu kesulitan materi bagi guru 50% sudah bisa diatasi.

Sekolah sudah berusaha menerapkan Manajemen Berbasis Sekolah. Setiap mengambil suatu kebijakan pihak manajemen sekolah melibatkan semua unsur sekolah, guru, karyawan dan komite sekolah, untuk diajak musyawarah.

.Standar kelulusan prestasi akademik hampir memenuhi standar nasional pendidikan nasional, hal ini terbukti dari tingkat kelulusan siswa yang mencapai 99% setiap tahunnya. (SKBM 70 dan nilai rata-rata NUN telah mencapai 7,45). Prestasi non akademik sekolah masih belum memenuhi standart, namun melihat dari bakat yang telah dimiliki para siswa, ada kemungkinan untuk menjadi juara kususnya untuk Volly dan sepak bola mini.
Tenaga pendidik dan tenaga pendidikan telah mencapai 100% memenuhi standar pendidikan nasional.

Standar pembiayaan belum memenuhi standar nasional pendidikan (Rp. 47.000 rupiah per bulan per anak). Standar penilaian guru dan sekolah telah melaksanakan system penilaian sesuai dengan tuntutan kurikulum atau standar nasional pendidikan (hanya dalam beberapa hal masih perlu pembinaan baik dalam hal tingkat kesulitan maupun model-model yang digunakan).

Hasil analisis Kondisi saat ini adalah sbb :

NO. KONDISI PENDIDIKAN SAAT INI
a Perangkat dokumen pedoman pelaksanaan rencana kerja/kegiatan:
Dokumen RKS dan RKAS: 85% sempurna
b Struktur organisasi dan mekanisme kerja:
Struktur organisasi: 85% lengkap
Dokumen pembagian tugas/kewenangan/tupoksi: 85%
Dokumen mekanisme fungsi/tugas organisasi: 85%
c Supervisi, monitoring, evaluasi, dan akreditasi sekolah:
Memiliki 1 tim khusus
Memiliki instrumen supervisi 85% lengkap
Memiliki instrumen monitoring 85% lengkap
Memiliki instrumen evaluasi 85% lengkap
Memiliki instrumen akreditasi 85% lengkap
Memiliki pelaporan supervisi 85% lengkap
Memiliki pelaporan monitoring 85% lengkap
Melakukan pelaporan evaluasi 85%
Melakukan pelaporan akreditasi internal 85%
Pendokumentasian:85% baik
d Kemitraan dan peran serta masyarakat:
Dokumen keberadaan Komite Sekolah: 75% lengkap
Dokumen program kerja komite sekolah: 70% lengkap
Kepengurusan komite sekolah: 80% lengkap
Perolehan kerjasama dengan pihak lain: 2 instansi
Bantuan biaya pendidikan dari orang tua siswa: tidak ada
e Pengembangan administrasi sekolah (SIM sekolah):
Menggunakan program PAS (Paket Aplikasi Sekolah) belum maksimal
Belum terpasang jaringan SIM





C. ANALISIS KONDISI PENDIDIKAN MASA DATANG ( 1 TAHUN KE DEPAN )

NO. PROGRAM
6. STANDAR PENGELOLAAN
a Perangkat dokumen pedoman pelaksanaan rencana kerja/kegiatan:
Dokumen RKS dan RKAS 90% Sempurna
b Struktur organisasi dan mekanisme kerja:
Struktur organisasi 90% Lengkap
Dokumen pembagian tugas/kewenangan/tupoksi 90% lengkap
Dokumen mekanisme fungsi/tugas organisasi 90% lengkap
c Supervisi, monitoring, evaluasi, dan akreditasi sekolah:
Memiliki tim khusus 1 tim Khusus
Memiliki instrumen supervisi 90% lengkap
Memiliki instrumen monitoring 90% lengkap
Memiliki instrumen evaluasi 90% lengkap
Memiliki instrumen akreditasi 90% lengkap
Memiliki pelaporan supervisi 90% lengkap
Memiliki pelaporan monitoring 90% lengkap
Melakukan pelaporan evaluasi 90% Baik
Melakukan pelaporan akreditasi internal 90% Baik
Pendokumentasian: 90% baik
d Kemitraan dan peran serta masyarakat:
Dokumen keberadaan Komite Sekolah 80% lengkap
Dokumen program kerja komite sekolah 80% lengkap
Kepengurusan komite sekolah 85% lengkap
Perolehan kerjasama dengan pihak lain: 2 instansi 4 instansi
Bantuan biaya pendidikan dari orang tua siswa -
e Pengembangan administrasi sekolah (SIM sekolah):
Menggunakan program PAS (Paket Aplikasi Sekolah) Pas Untuk Pekerjaan TU + Guru
Jaringan SIM








D. IDENTIFIKASI TANTANGAN NYATA SATU (1) TAHUN
SMP Negeri 2 Kwadungan satu tahun mendatang diharapkan tetap menjadi salah satu SMP yang menjadi dambaan masyarakat sekitarnya

NO. KONDISI PENDIDIKAN SAAT INI KONDISI PENDIDIKAN MASA DATANG (1 Tahun ) BESAR TANTANGAN NYATA

6.
STANDAR PENGELOLAAN
a Perangkat dokumen pedoman pelaksanaan rencana kerja/kegiatan:
Dokumen RKS dan RKAS: 85% sempurna 90% Sempurna 5%
b Struktur organisasi dan mekanisme kerja:
Struktur organisasi: 85% lengkap 90% Lengkap
5%
Dokumen pembagian tugas/kewenangan/tupoksi: 85% 90% lengkap
5%
Dokumen mekanisme fungsi/tugas organisasi: 85% 90% lengkap 5%
c Supervisi, monitoring, evaluasi, dan akreditasi sekolah:
Memiliki 1 tim khusus 1 tim Khusus -
Memiliki instrumen supervisi 85% lengkap 90% lengkap 5%
Memiliki instrumen monitoring 85% lengkap 90% lengkap 5%
Memiliki instrumen evaluasi 85% lengkap 90% lengkap 5%
Memiliki instrumen akreditasi 85% lengkap 90% lengkap 5%
Memiliki pelaporan supervisi 85% lengkap 90% lengkap 5%
Memiliki pelaporan monitoring 85% lengkap 90% lengkap 5%
Melakukan pelaporan evaluasi 85% 90% Baik 5%
Melakukan pelaporan akreditasi internal 85% 90% Baik 5%
Pendokumentasian:85% baik 90% baik 5%
d Kemitraan dan peran serta masyarakat:
Dokumen keberadaan Komite Sekolah: 75% lengkap
80% lengkap 5%
Dokumen program kerja komite sekolah: 70% lengkap
80% lengkap 10%
Kepengurusan komite sekolah: 80% lengkap
85% lengkap 5%
Perolehan kerjasama dengan pihak lain: 2 instansi 4 instansi 2 instansi
Bantuan biaya pendidikan dari orang tua siswa: tidak ada - -
e Pengembangan administrasi sekolah (SIM sekolah):
Menggunakan program PAS (Paket Aplikasi Sekolah) belum maksimal (baru diruang TU)
Pas Untuk Pekerjaan TU + Guru Pas untuk pekerjaan Guru di ruang guru
Belum terpasang jaringan SIM





E. TUJUAN SITUASIONAL / SASARAN
1. Sekolah mampu mewujudkan Dokumen RKS dan RKAS untuk sekolah standar nasional, dari 85% sempurna menjadi 90% sempurna
2. Sekolah mampu mewujudkan Job diskribtion dalam mekanisme kerja sekolah dari 85% lengkap sampai dengan 90%
3. Sekolah mampu melaksananya Supervisi, Monitoring , evaluasi dan akreditasi dengan kelengkapan instrumen mencapai dari 85% menjadi 90% lengkap, termasuk pelaporan dan pendokumentasian.
4. Sekolah mampu mewujudkan Job diskribtion dalam mekanisme kerja komite sekolah dari 70% lengkap sampai dengan 80% lengkap
5. Sekolah mampu mengembangkan administrasi sekolah berbasis TIK menggunakan PAS( program Pengembanga Administrasi Sekolah) untuk pekerjaan TU dan Guru.
6. Sekolah mampu mewujudkan jaringan SIM (sistem Informasi Managemen)

F. IDENTIFIKASI URUSAN-URUSAN SEKOLAH UNTUK MENCAPAI SETIAP SASARAN.
1. PEMENUHAN STANDAR PENGELOLAAN

a. SASARAN -40 : Sekolah mampu mewujudkan Dokumen RKS dan RKAS untuk sekolah standar nasional, dari 85% sempurna menjadi 90% sempurna.

 Komponen yang diperlukan :
a. Internal
• Kepala Sekolah
• Penanggungjawab program SSN
• Guru
• Buku pedoman
• Panitia SSN
• Tempat
• Dana
• ATK
• Komputer

b. Eksternal
• Kepala Dinas Pendidikan
• Pengawas
• Komite
• Direktorat Pembinaan SMP

b. SASARAN -41 : Sekolah mampu mewujudkan Job diskribtion dalam mekanisme kerja sekolah dari 85% lengkap menjadi 90% lengkap

 Komponen yang diperlukan :
a. Internal
• Kepala Sekolah
• Guru
• Kurikulum
• Tenaga kependidikan
• Komputer
• Dana
• ATK

b. Eksternal
• Kepala Dinas Pendidikan
• Pengawas
• Komite


c. SASARAN -42 : Sekolah mampu melaksananya Supervisi, Monitoring , evaluasi dan akreditasi dengan kelengkapan instrumen mencapai dari 85% menjadi 90% lengkap, termasuk pelaporan dan pendokumentasian

a. Komponen yang diperlukan :
b. Internal
• Kepala Sekolah
• Guru
• Kurikulum
• Perangkat mengajar
• Tenaga kependidikan
• Komputer
• Dana
• Instrumen Supervisi
• Instrumen monitoring dan evaluasi
• instrumen akreditasi
c. Eksternal
• Kepala Dinas Pendidikan
• Pengawas
• Komite

d. SASARAN -43 : Sekolah mampu mewujudkan Job diskribtion dalam mekanisme kerja komite sekolah dari 70% lengkap sampai dengan 80% lengkap

 Komponen yang diperlukan :
a. Internal
• Kepala Sekolah
• Guru
• Tenaga kependidikan
• Komite
• Komputer
• Dana

b. Eksternal
• Kepala Dinas Pendidikan
• Pengawas

e. SASARAN – 44: Sekolah mampu mengembangkan administrasi sekolah berbasis TIK menggunakan PAS( program Pengembanga Administrasi Sekolah) untuk pekerjaan TU dan Guru melalui Jaringan SIM
a. Komponen yang diperlukan :
 InternalKepala Sekolah
• TU
• Guru
• Software
• Komputer
• Printer
b. Eksternal
• Dinas Pendidikan

f. SASARAN – 45 : Sekolah mampu mewujudkan jaringan SIM (sistem Informasi Managemen)

 Komponen yang diperlukan :
a. Internal
• Kepala Sekolah
• TU
• Guru
• Software
• HUB
• Kabel UTP
• Komputer
• Printer

• Tenaga teknis
b. Eksternal
• Dinas Pendidikan



G. ANALISIS SWOT

1. STANDAR PENGELOLAAN

a. SASARAN -40 : Sekolah mampu mewujudkan Dokumen RKS dan RKAS untuk sekolah standar nasional, dari 85% sempurna menjadi 90% sempurna,
KOMPONEN/ FUNGSI DAN FAKTORNYA KRITERIA KESIAPAN KONDISI NYATA TINGKAT KESIAPAN
SIAP TIDAK
A. INTERNAL
Kepala Sekolah Telah Mengikuti Workshop SSN Telah Mengikuti Workshop SSN √
Penanggungjawab Program Telah Mengikuti Workshop SSN 3 kali Telah Mengikuti Workshop SSN 2 kali √



Pengalaman membuat RKS dan RKAS Pengalaman membuat RKS dan RKAS √

Panitia SSN Telah tersusun Telah tersusun √
Guru Siap Siap √
Buku pedoman ada ada √
Dana Tersedia Tersedia √
A T K Tersedia Tersedia √
Tempat Tersedia Tersedia √
Komputer Tersedia Tersedia √
B. EKSTERNAL
Kepala Dinas Pendidikan Mendukung Mendukung √
Pengawas Mendukung Mendukung √
Komite Mendukung Mendukung √
Direktorat Pembinaan SMP Mendukung Mendukung √


b. SASARAN -41 : Sekolah mampu mewujudkan Job diskribtion dalam mekanisme kerja sekolah dari 85% lengkap menjadi 90% lengkap
KOMPONEN/ FUNGSI DAN FAKTORNYA KRITERIA KESIAPAN KONDISI NYATA TINGKAT KESIAPAN
SIAP TIDAK
A. INTERNAL
Kepala Sekolah Berkompeten Berkompeten √
Guru Mendukung Mendukung √
Kurikulum Sesuai Pedoman Sesuai Pedoman √
Tenaga Kependidikan Siap Membantu Siap Membantu √
Komputer Tersedia Tersedia √
Dana Tersedia Tersedia √
B. EKSTERNAL
Kepala Dinas Pendidikan Mendukung Mendukung √
Pengawas Mendukung Mendukung √
Komite Mendukung Mendukung √


c. SASARAN -42 : Sekolah mampu melaksananya Supervisi, Monitoring , evaluasi dan akreditasi dengan kelengkapan instrumen mencapai dari 85% menjadi 90% lengkap, termasuk pelaporan dan pendokumentasian
KOMPONEN/ FUNGSI DAN FAKTORNYA KRITERIA KESIAPAN KONDISI NYATA TINGKAT KESIAPAN
SIAP TIDAK
A. INTERNAL
Kepala Sekolah Berkompeten Berkompeten √
Guru Siap Siap √
Kurikulum Sesuai Pedoman Sesuai Pedoman √
Perangkat Mengajar Tersedia Tersedia √
Tenaga Kependidikan Siap Membantu Siap Membantu √
Komputer Tersedia Tersedia √
Dana Tersedia Tersedia √
Instrumen Supervisi Tersedia Tersedia √
Instrumen Monev Tersedia Tersedia √
Instrumen Akreditasi Tersedia Tersedia √
B. KSTERNAL
Kepala Dinas Pendidikan Mendukung Mendukung √
Pengawas Mendukung Mendukung √
Komite Mendukung Mendukung √


d. SASARAN 43 : Sekolah mampu mewujudkan Job diskribtion dalam mekanisme kerja komite sekolah dari 70% lengkap sampai dengan 80% lengkap
KOMPONEN/ FUNGSI DAN FAKTORNYA KRITERIA KESIAPAN KONDISI NYATA TINGKAT KESIAPAN
SIAP TIDAK
A. INTERNAL
Kepala Sekolah Memfasilitasi Memfasilitasi √
Guru Loyal Loyal √
Tenaga Kependidikan Loyal Loyal √
Komite Ada Pengurus Ada pengurus √
Komputer Tersedia Tidak tersedia √
Dana Tersedia Tersedia √
B. EKSTERNAL
Kepala Dinas Pendidikan Mendukung Mendukung √
Pengawas Mendukung Mendukung √


e. SASARAN - 44 : Sekolah mampu mengembangkan administrasi sekolah berbasis TIK menggunakan PAS( program Pengembanga Administrasi Sekolah) untuk pekerjaan TU dan Guru melalui Jaringan SIM
KOMPONEN/ FUNGSI DAN FAKTORNYA KRITERIA KESIAPAN KONDISI NYATA TINGKAT KESIAPAN
SIAP TIDAK
A. INTERNAL
Kepala sekolah Mendukung Mendukung √
Guru 90% menguasai komputer 90% menguasai komputer √
TU Menguasai Komputer Menguasai Komputer √
Software PAS PAS √
Komputer Ada Ada √
B. EKSTERNAL
Dinas Pendidikan Mendukung mendukung √

f. SASARAN - 45 : Sekolah mampu mewujudkan jaringan SIM (sistem Informasi Managemen)
KOMPONEN/ FUNGSI DAN FAKTORNYA KRITERIA KESIAPAN KONDISI NYATA TINGKAT KESIAPAN
SIAP TIDAK
A. INTERNAL
Kepala sekolah Mendukung Mendukung √
TU Menguasai Komputer dan sistem jaringan Menguasai Komputer dan sistem jaringan √
Software Ada Ada √
Komputer Ada Ada √
HUB Ada minimal 8 Chanel Tidak ada √
Kabel UTP Ada 3m x 3 Tidak ada √
Tenaga Teknis Ada Ada dari guru √
Dana tersedia tersedia √
B. EKSTERNAL
Dinas Pendidikan Mendukung mendukung √




H. ALTERNATIF LANGKAH LANGKAH PENYELESAIAN MASALAH
NIHIL



I. RENCANA PROGRAM KERJA DAN RENCANA KEGIATAN
1. PEMENUHAN STANDAR PENGELOLAAN
a. SASARAN -40: Sekolah mampu mewujudkan Dokumen RKS dan RKAS untuk sekolah standar nasional, dari 85% sempurna menjadi 90% sempurna,
 Kepala Sekolah mengadakan Rapat Panitia SSN
 Panitia mengadakan revisi RKS dan RKAS
 Membukukan RKS dan RKAS
 Penggandaan
 Menyusun Laporan
b. SASARAN-41 : Sekolah mampu mewujudkan Job diskription dalam mekanisme kerja sekolah dari 85% lengkap menjadi 90% lengkap
 Panitia SSN mengadakan Inventarisasi terhadap pekerjaan yang ada dan yang harus ada di sekolah
 Melengkapi data statistik sekolah
 Membuat pembagian tugas
 Membuat job diskription
 Menganggarkan dana
 Pelaporan Kegiatan

c. SASARAN -42 : Sekolah mampu melaksananya Supervisi, Monitoring , evaluasi dan akreditasi dengan kelengkapan instrumen mencapai dari 85% menjadi 90% lengkap, termasuk pelaporan dan pendokumentasian
 Kepala Sekolah menyiapkan instrument Monev
 Guru mengumpulkan atau menyiapkan data atau perangkat mengajar
 Menjadwalkan / menentukan waktu monev

d. SASARAN -43 : Sekolah mampu mewujudkan Job diskribtion dalam mekanisme kerja komite sekolah dari 70% lengkap sampai dengan 80% lengkap
 Pembentukan Panitia
 Sosialisasi terhadap orang tua siswa tentang cara pembentukan pengurus
 Pelaksanaan Program
 Menyusun kepengurusan komite
 Menyusun AD ART komite
 Menyusun program komite
 Pendokumentasian
e. SASARAN -44 : Sekolah mampu mengembangkan administrasi sekolah berbasis TIK menggunakan PAS( program Pengembanga Administrasi Sekolah) untuk pekerjaan TU dan Guru melalui Jaringan SIM
 Penyiapan Software
 Menginstal Program
 Pelatihan program
 Pengumpulan data
 Intry data
 pelaporan
f. SASARAN -45 : Sekolah mampu mewujudkan jaringan SIM (sistem Informasi Managemen)
 Pengadaan HUB dan Kabel UTP
 Penyiapan Software
 Pembuatan jaringan (LAN)
 Menginstal Program

J. SUPERVISI, MONITORING, EVALUASI DAN AKREDITASI SEKOLAH
1. Persiapan
2. Pengembangan perangkat instrumen
3. Menyusun jadwal
4. Menyiapkan instrumen evaluasi atau monitoring
5. Pelaksanaan
a. Pengambilan data
b. Analisis data
c. Pemecahan masalah
6. Pelaporan
7. Tindak lanjut

K. RENCANA MONITORING DAN EVALUASI.
1. Pengembangan Standar Pengelolaan
a. Membentuk tim monitoring dan evaluasi Pengembangan Standar Pengelolaan yang terdiri dari Kepala Sekolah, koordinator urusan, guru senior.
b. Menyusun format monitor dan evaluasi
c. c. Melaksanakan monitoring dan evaluasi secara periodik dan terjadwal terhadap pelaksanaan program pengembangan standar pengelolaan
d. Menyusun Program Tindak lanjut pelaksanaan monitor dan evaluasi
e. Melaksanakan tindak lanjut hasil monitor dan evaluasi.

L. RENCANA ANGGARAN PROGRAM.




M. JADWAL KEGIATAN

N. PROGRAM KERJA DAN RENCANA TIAP KEGIATAN

1. Kapan di laksanakan …..(buat jadwal )
2. Siapa saja yang terlibat …( buat panitian,Jobdiskription, Kelengkapan administrasi)
3. Peralatan, Atk, mungkin dana, HR pelaksanaan, dsb berapa jumlahnya (buat Rencana anggaran Biayasecara rinci = besar sesuaikan dengan dana yang sudah teralokasikan di atas), jika harus ada foto/dokumentasi dianggarkan saja..
4. Hasil apa yang didapat dari kegiatan yang dilakukan (hasil dari kegiatan yang bisa didokumentasikan secara tertulis)

Setelah selesai kegiatan, maka semua dokumen no. 1 s.d. 4 di arsipkan dan sewaktu-waktu akan di butuhkan sebagai laporan pertanggungjawaban ke PUSAT.
.

Bookmark and Share

 
SMP NEGERI 2 KWADUNGAN | Template Ireng Manis © 2010 Free Template Ajah. Distribution by Dhe Template. Supported by Cash Money Today and Forex Broker Info