Mau seperti ini?
Click aja disini---> Menuju Blog Tutorials

STANDAR ISI

RENCANA KERJA DAN ANGGARAN SEKOLAH
RKAS
RENCANA JANGKA PENDEK SATU TAHUN
TAHUN PELAJARAN 2010/2011



A. ANALISIS LINGKUNGAN OPERASIONAL STRATEGIS
SMP Negeri 2 Kwadungan berdiri awal tahun pelajaran 2004/2005, sampai saat ini berumur 6 tahun dan baru meluluskan 4 kali angkatan. Jadi keberadaanya pada tahun ke dua tahab SSN ini masih juga jauh dari apa yang diharapkan. Namun sesuai dengan Visi dan Misi Sekolah, maka SMP Negeri 2 Kwadungan bertekat untuk segera memenuhi apa yang diharapkan oleh masyarakat, Bangsa dan Negara.
Masyarakat sekitar cukup mendukung terhadap keberadaan SMPN 2 Kwadungan Ngawi,

B. ANALISIS KONDISI PENDIDIKAN SAAT INI

Proses belajar mengajar di SMP Negeri 2 Kwadungan Ngawi sangat kondusif, berjalan sebagaimana mestinya sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Sejak Tahun Pelajaran 2006/2007 telah menyiapkan dan melaksanakan KTSP namun baru kelas 7, sedangkan kelas 8 dan 9 masih menggunakan kurikulum 2004. Mulai tahun pelajaran 2009/2010 KTSP telah dilaksanakan untuk semua tingkat (kelas 7,8,9)

. Dalam pelaksanaan kurikulum yang sedang berjalan mengamanatkan pola pembelajaran yang Aktif, Inovatif, Kreatif, Edukatif, Dan Menyenangkan (PAIKEM) . Untuk mewujudkan hal tersebut guru harus mau meningkatkan profesionalisme sebagai pendidik. Guru–guru di SMP Negeri 2 Kwadungan Ngawi telah berupaya untuk mengimplementasikan pola pembelajaran yang diamanatkankan dalam kurikulum, namun masih banyak mengalami kendala. Permasalahan yang muncul guru belum siap menghadapi perubahan, fasilitas kurang memadai, serta infrastruktur yang mendukung pelaksanaan kurikulum belum memadai. Namun demikian guru- guru siap melaksanakan kurikulum dengan segala keterbatasan.

Sampai dengan tahun 2010/2011 SMP Negeri 2 Kwadungan Ngawi dikelola oleh seorang Kepala Sekolah, 33 tenaga pendidik terdiri 30 guru PNS, 3 guru honorer, serta 7 tenaga Tata Usaha, 1 tenaga Perpustakaan, 1 tenaga tukang kebun, dan 2 tenaga keamanan.sekolah.
Untuk mendukung pengelolaan Sekolah berbagai fasilitas untuk mengembangkan diri baru tersedia ruang laboratorium IPA, laboratorium Komputer, lapangan olahraga dan ruang perpustakaan, sedangkan fasilitas lain untuk pengembangan diri seperti ruang Multi Media, ruang keterampilan, ruang kesenian, ruang radio pendidikan, mushola, sampai SSN tahab dua ini belum dapat terpenuhi.

Keberadaan SMP Negeri 2 Kwadungan Ngawi termasuk wilayah pedesaan dan tidak ada jaringan telepon, sehingga untuk mengembangkan ICT harus menggunakan cara lain yaitu menggunakan HP sebagai modem, sehingga perkembanganya sangat lambat dan ini pun baru di ruang TU. Namun dengan adanya Program SSN ini pada tahun 2009/2010 sudah dapat di atasi yaitu dengan memasang Antene untuk akses Internet dan sudah mencakup ruang TU, Kepala Sekolah, Guru dan Lab Komputer. Namun Bandwitnya masih kecil hal ini disebabkan karena belum ada alokasi dana. Rencana tahun ini akan menambah Bandwith sehingga ruang Lab. bisa tersjangkau untuk semua komputer. Keberadaan internet terhadap pelaksanaan pembelajaran pengaruhnya sangat luar biasa yaitu kesulitan materi bagi guru 50% sudah bisa diatasi.

Sekolah sudah berusaha menerapkan Manajemen Berbasis Sekolah. Setiap mengambil suatu kebijakan pihak manajemen sekolah melibatkan semua unsur sekolah, guru, karyawan dan komite sekolah, untuk diajak musyawarah.

.Standar kelulusan prestasi akademik hampir memenuhi standar nasional pendidikan nasional, hal ini terbukti dari tingkat kelulusan siswa yang mencapai 99% setiap tahunnya. (SKBM 70 dan nilai rata-rata NUN telah mencapai 7,45). Prestasi non akademik sekolah masih belum memenuhi standart, namun melihat dari bakat yang telah dimiliki para siswa, ada kemungkinan untuk menjadi juara kususnya untuk Volly dan sepak bola mini.
Tenaga pendidik dan tenaga pendidikan telah mencapai 100% memenuhi standar pendidikan nasional.

Standar pembiayaan belum memenuhi standar nasional pendidikan (Rp. 47.000 rupiah per bulan per anak). Standar penilaian guru dan sekolah telah melaksanakan system penilaian sesuai dengan tuntutan kurikulum atau standar nasional pendidikan (hanya dalam beberapa hal masih perlu pembinaan baik dalam hal tingkat kesulitan maupun model-model yang digunakan).

Hasil analisis Kondisi saat ini adalah sbb :
NO. KONDISI PENDIDIKAN SAAT INI
1 STANDAR ISI
a Tersusun Buku-1 KTSP (Buku/Dokumen-1):
Tersusun 1 Buku KTSP (Revisi 2009/2010) 80% sempurna
b Silabus:
Tersusun SILABUS kelas 7, 8,9 untuk semua mata pelajaran (2009/2010) 80% sempurna
c Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP):
Tersusun RPP kelas 7, 8,9 untuk semua mata pelajaran (2009/2010) 80% sempurna
Rata2 pencapaian KKM semua mapel = 73


C. ANALISIS KONDISI PENDIDIKAN MASA DATANG ( 1 TAHUN KE DEPAN )
NO. PROGRAM
1 STANDAR ISI
a Tersusun Buku-1 KTSP (Buku/Dokumen-1):
Tersusun 1 Buku KTSP 85% sempurna
b Silabus:
Tersusun SILABUS kelas 7, 8,9 untuk semua mata pelajaran (2009/2010) 85% sempurna
c Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP):
Tersusun RPP kelas 7, 8,9 untuk semua mata pelajaran (2009/2010) 85% sempurna
d Rata2 pencapaian KKM semua mapel 75


D. IDENTIFIKASI TANTANGAN NYATA SATU (1) TAHUN
SMP Negeri 2 Kwadungan satu tahun mendatang diharapkan tetap menjadi salah satu SMP yang menjadi dambaan masyarakat sekitarnya

NO. KONDISI PENDIDIKAN SAAT INI KONDISI PENDIDIKAN MASA DATANG (1 Tahun ) BESAR TANTANGAN NYATA
1 STANDAR ISI
a Tersusun Buku-1 KTSP (Buku/Dokumen-1):
Tersusun 1 Buku KTSP (Revisi 2009/2010) 80% sempurna 85% sempurna 5%
b Silabus:
Tersusun SILABUS kelas 7, 8,9 untuk semua mata pelajaran (2009/2010) 80% sempurna 85% sempurna 5%
c Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP):
Tersusun RPP kelas 7, 8,9 untuk semua mata pelajaran (2009/2010) 80% sempurna 85% sempurna 5%
Rata2 pencapaian KKM semua mapel = 73 75 0,20

E. TUJUAN SITUASIONAL / SASARAN
1. Sekolah mampu mengembangkan KTSP, dengan membuat dokumen KTSP atau Buku-1 Revisi dengan kondisi 85% sempurna
2. Sekolah mampu mengembangkan SILABUS kelas 7,8 9 revisi 2 untuk semua mata pelajaran. kondisi 85% sempurna
3. Sekolah mampu mengembangkan RPP kelas 7,8 9 revisi 2 untuk semua mata pelajaran kondisi 85% sempurna
4. Sekolah mampu meningkatkan KKM dari 73 menjadi 75,00.untuk seluruh mata pelajaran

F. IDENTIFIKASI URUSAN-URUSAN SEKOLAH UNTUK MENCAPAI SETIAP SASARAN.

1. PEMENUHAN STANDAR ISI
a. SASARAN -1 : Sekolah mampu mengembangkan adsministrasi KTSP, dengan membuat dokumen KTSP atau Buku-1 Revisi, kondisi 85% sempurna
 Komponen yang diperlukan
a. Internal
• Kepala sekolah
• Guru
• Nara sumber
• Kurikulum
• ATK
• Sarana
• Dana
b. Eksternal
• Komite
• Pengawas
• Dinas Pendidikan

b. SASARAN -2 : Sekolah mampu mengembangkan SILABUS kelas 7,8,9 untuk semua mata pelajaran; kondisi 85% sempurna
 Komponen yang diperlukan
a. Internal
• Kepala sekolah
• Guru
• TU
• Permendiknas no.22 th.2006
• ATK
• Sarana
• Dana
b. Eksternal
• Komite
• Pengawas
• Dinas Pendidikan

c. SASARAN -3 : Sekolah mampu mengembangkan RPP kelas 7,8,9 untuk semua mata pelajaran; kondisi 85% sempurna
 Komponen yang diperlukan
a. Internal
• Kepala sekolah
• Guru
• TU
• Permendiknas no.22 th.2006
• ATK
• Sarana
• Dana
b. Eksternal
• Komite
• Pengawas
• Dinas Pendidikan



d. SASARAN -4 : Sekolah mampu meningkatkan KKM dari 73 menjadi 75,00.untuk seluruh mata pelajaran
 Komponen yang diperlukan
a. Internal
• Guru
• Kepala Sekolah,
• Siswa
• Kurikulum
• Pedoman Penilaian
• Media Pembelajaran,
• Dana
b. Eksternal
• Komite
• Orang tua wali murid

G. ANALISIS SWOT

1. STANDAR ISI
a. SASARAN 1 : Sekolah mampu mengembangkan adsministrasi KTSP, dengan membuat dokumen KTSP atau Buku-1 Revisi, kondisi 85% sempurna
KOMPONEN / FUNGSI DAN FAKTORNYA KRITERIA KESIAPAN KONDISI NYATA TINGKAT KESIAPAN
SIAP TIDAK
1. Internal
Guru Pengalaman workshop KTSP min 2x 1 workshop KTSP √
Kualifikasi S1 100 % S1 √
Sesuai bidangnya 90 % sesuai √
Pengalaman mengajar minimal 5 tahun 98% √
Kepala Sekolah Kualifikasi S2 Kualifikasi S2 √
Pengalaman minimal 1 periode Pengalaman minimal 1 periode √
Pengalaman workshop KTSP min 2x 1 workshop KTSP √
Kurikulum Memiliki KTSP yang Update Memiliki KTSP kurang Update √

ATK Tersedia Tersedia √

Sarana Tersedianya 4 unit komputer Tersedianya 4 unit komputer √
Tersedia 3 printer Tersedia 3 printer √
Dana Tesedia Tesedia √
2. Eksternal
Komite Mendukung Mendukung √
Pengawas Mendukung Mendukung √
Dinas Pendidikan Mendukung Mendukung √




b. SASARAN 2 : Sekolah mampu mengembangkan SILABUS kelas 7,8,9 untuk semua mata pelajaran; kondisi 85% sempurna.
KOMPONEN/ FUNGSI DAN FAKTORNYA KRITERIA KESIAPAN KONDISI NYATA TINGKAT KESIAPAN
SIAP TIDAK
A. INTERNAL
Kepala Sekolah Memfasilitasi Memfasilitasi √
Guru Pengalaman mengajar minimal 5 tahun Pengalaman mengajar minimal 5 tahun √
Tenaga Kependidikan Membantu pembuatan Dokumen, Silabus dan RPP Siap membantu kesiapan Dokumen √
ATK Tersedia Tersedia √
Dana Terpenuhi Terpenuhi √
Permen 22 Tahun 2006 Tersedianya Permen 22 Tahun 2006 Tersedianya Permen 22 Tahun 2006 √
B. EKSTERNAL √
Komite Mendukung Mendukung √
Pengawas Mendukung Mendukung √


c. SASARAN - 3 : Sekolah mampu mengembangkan RPP kelas 7,8,9 untuk semua mata pelajaran; kondisi 85% sempurna
KOMPONEN/ FUNGSI DAN FAKTORNYA KRITERIA KESIAPAN KONDISI NYATA TINGKAT KESIAPAN
SIAP SIAP
A. INTERNAL
Kurikulum Memiliki KTSP Memiliki KTSP √
Kepala Sekolah Menfasilitasi Menfasilitasi √
Guru Berkompeten Berkompeten √
Dana Tersedia Tersedia √
ATK Tersedia Tersedia √
B. EKSTERNAL √
Komite Mendukung Mendukung √
MGMP Mendukung Mendukung √



d. SASARAN 4 : Sekolah mampu meningkatkan KKM dari 73 menjadi 75,00.untuk seluruh mata pelajaran
KOMPONEN/ FUNGSI DAN FAKTORNYA KRITERIA KESIAPAN KONDISI NYATA TINGKAT KESIAPAN
SIAP TIDAK
1. INTERNAL
Guru Menguasai materi Menguasai materi √
Siswa Motivasi belajar 100% Motivasi belajar 80% √
Kepala Sekolah Loyalitas tinggi Loyalitas tinggi √
Kurikulum Memiliki KTSP, Silabus, RPP Memiliki KTSP, Silabus, RPP √
Tenaga Kependidikan Siap membantu secara administrasi Siap membantu secara administrasi √
Dana Dana siap dari SSN Dana siap dari SSN √
Pedoman Penilaian Memiliki Pedoman Penilaian Memiliki Pedoman Penilaian Kurang √

B. EKSTERNAL √
Komite Mendukung Mendukung √
Orang tua siswa Mendukung Mendukung √








H. ALTERNATIF LANGKAH LANGKAH PENYELESAIAN MASALAH

1. STANDAR ISI
a. SASARAN - 1 : Sekolah mampu mengembangkan adsministrasi KTSP, dengan membuat dokumen KTSP atau Buku-1 Revisi, kondisi 85% sempurna,
KOMPONEN/
FAKTOR YANG TIDAK SIAP PERSOALAN PADA KOMPONEN/FAKTOR ALTERNATIF PEMECAHAN PERSOALAN
Guru

1 kali pernah ikut workshop KTSP
- Mengirimkan ikut Workshop
- Mengadakan Workshop
Dokumen KTSP Kurang Update
Diadakan Revisi


b. SASARAN - 4 : Sekolah mampu meningkatkan KKM dari 73 menjadi 75,00.untuk seluruh mata pelajaran
FAKTOR YANG TIDAK SIAP PERSOALAN PADA KOMPONEN/FAKTOR ALTERNATIF PEMECANAHN PERSOALAN
Siswa Motivasi belajar siswa Kurang - Memberi hadiah bagi siswa yang rangking 1 di kelasnya




I. RENCANA PROGRAM KERJA DAN RENCANA KEGIATAN

1. PEMENUHAN STANDAR ISI
a. SASARAN 1 : Sekolah mampu mengembangkan adsministrasi KTSP, dengan membuat dokumen KTSP atau Buku-1 Revisi, kondisi 85% sempurna,
 Mengadakan Revisi terhadap KTSP Buku-1
a. Penyaiapan ATK untuk penyusunan KTSP Buku-1
b. Penyiapan dokumen SKL dan STANDAR ISI
c. Penyiapan Akomodasi
d. Pelaksanaan Penyusunan KTSP, Silabus dan RPP
e. Penggandaan
f. Pengarsipan
g. Pelaporan

b. SASARAN 12 : Sekolah mampu mengembangkan SILABUS kelas 7,8,9 untuk semua mata pelajaran; kondisi 85% sempurna
 Menyusun SILABUS Kelas 7,8,9 untuk semua mata pelajaran dengan memperhatikan kekuranganya melalui MGMPS
 Penyaiapan ATK untuk penyusunan silabus
 Penyiapan dokumen KTSP Buku-1
 Penyiapan Akomodasi
 Pelaksanaan Penyusunan Silabus
 Penggandaan
 Pengarsipan
 Pelaporan

c. SASARAN 3 : Sekolah mampu mengembangkan RPP kelas 7,8,9 untuk semua mata pelajaran; kondisi 85% sempurna
 Menyusun RPP Kelas 7,8,9 untuk semua mata pelajaran dengan memperhatikan kekuranganya melalui MGMPS
 Penyaiapan ATK untuk penyusunan silabus
 Penyiapan dokumen KTSP Buku-1
 Penyiapan Akomodasi
 Pelaksanaan Penyusunan RPP
 Penggandaan
 Pengarsipan
 Pelaporan
d. SASARAN 4 : Sekolah mampu meningkatkan KKM dari 73 menjadi 75,00.untuk seluruh mata pelajaran
 Rapat Kerja Guru Mapel Untuk mengadakan Pemetaan KD
 Penetapan KKM
J. SUPERVISI, MONITORING, EVALUASI DAN AKREDITASI SEKOLAH
1. Persiapan
2. Pengembangan perangkat instrumen
3. Menyusun jadwal
4. Menyiapkan instrumen evaluasi atau monitoring
5. Pelaksanaan
a. Pengambilan data
b. Analisis data
c. Pemecahan masalah
6. Pelaporan
7. Tindak lanjut
K. RENCANA MONITORING DAN EVALUASI
1. Pengembangan Standar Isi / Kurikulum
a. Membentuk tim monitoring dan evaluasi Pengembangan Standar Isi yang terdiri dari Kepala Sekolah, koordinator urusan, guru senior.
b. Menyusun format monitor dan evaluasi
c. Melaksanakan monitoring dan evaluasi secara periodik dan terjadwal terhadap pelaksanaan program pengembangan standar isi/kurikulum
d. Menyusun Program Tindak lanjut pelaksanaan monitor dan evaluasi
e. Melaksanakan tindak lanjut hasil monitor dan evaluasi.

L. RENCANA ANGGARAN PROGRAM.



M. PROGRAM KERJA DAN RENCANA TIAP KEGIATAN

1. Kapan di laksanakan …..(buat jadwal )
2. Siapa saja yang terlibat …( buat panitian,Jobdiskription, Kelengkapan administrasi)
3. Peralatan, Atk, mungkin dana, HR pelaksanaan, dsb berapa jumlahnya (buat Rencana anggaran Biayasecara rinci = besar sesuaikan dengan dana yang sudah teralokasikan di atas), jika harus ada foto/dokumentasi dianggarkan saja..
4. Hasil apa yang didapat dari kegiatan yang dilakukan (hasil dari kegiatan yang bisa didokumentasikan secara tertulis)

Setelah selesai kegiatan, maka semua dokumen no. 1 s.d. 4 di arsipkan dan sewaktu-waktu akan di butuhkan sebagai laporan
.

Bookmark and Share

 
SMP NEGERI 2 KWADUNGAN | Template Ireng Manis © 2010 Free Template Ajah. Distribution by Dhe Template. Supported by Cash Money Today and Forex Broker Info