Mau seperti ini?
Click aja disini---> Menuju Blog Tutorials

SKL

RENCANA KERJA DAN ANGGARAN SEKOLAH
RKAS
RENCANA JANGKA PENDEK SATU TAHUN
TAHUN PELAJARAN 2010/2011



A. ANALISIS LINGKUNGAN OPERASIONAL STRATEGIS
SMP Negeri 2 Kwadungan berdiri awal tahun pelajaran 2004/2005, sampai saat ini berumur 6 tahun dan baru meluluskan 4 kali angkatan. Jadi keberadaanya pada tahun ke dua tahab SSN ini masih juga jauh dari apa yang diharapkan. Namun sesuai dengan Visi dan Misi Sekolah, maka SMP Negeri 2 Kwadungan bertekat untuk segera memenuhi apa yang diharapkan oleh masyarakat, Bangsa dan Negara.
Masyarakat sekitar cukup mendukung terhadap keberadaan SMPN 2 Kwadungan Ngawi,

B. ANALISIS KONDISI PENDIDIKAN SAAT INI

Proses belajar mengajar di SMP Negeri 2 Kwadungan Ngawi sangat kondusif, berjalan sebagaimana mestinya sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Sejak Tahun Pelajaran 2006/2007 telah menyiapkan dan melaksanakan KTSP namun baru kelas 7, sedangkan kelas 8 dan 9 masih menggunakan kurikulum 2004. Mulai tahun pelajaran 2009/2010 KTSP telah dilaksanakan untuk semua tingkat (kelas 7,8,9)

. Dalam pelaksanaan kurikulum yang sedang berjalan mengamanatkan pola pembelajaran yang Aktif, Inovatif, Kreatif, Edukatif, Dan Menyenangkan (PAIKEM) . Untuk mewujudkan hal tersebut guru harus mau meningkatkan profesionalisme sebagai pendidik. Guru–guru di SMP Negeri 2 Kwadungan Ngawi telah berupaya untuk mengimplementasikan pola pembelajaran yang diamanatkankan dalam kurikulum, namun masih banyak mengalami kendala. Permasalahan yang muncul guru belum siap menghadapi perubahan, fasilitas kurang memadai, serta infrastruktur yang mendukung pelaksanaan kurikulum belum memadai. Namun demikian guru- guru siap melaksanakan kurikulum dengan segala keterbatasan.

Sampai dengan tahun 2010/2011 SMP Negeri 2 Kwadungan Ngawi dikelola oleh seorang Kepala Sekolah, 33 tenaga pendidik terdiri 30 guru PNS, 3 guru honorer, serta 7 tenaga Tata Usaha, 1 tenaga Perpustakaan, 1 tenaga tukang kebun, dan 2 tenaga keamanan.sekolah.
Untuk mendukung pengelolaan Sekolah berbagai fasilitas untuk mengembangkan diri baru tersedia ruang laboratorium IPA, laboratorium Komputer, lapangan olahraga dan ruang perpustakaan, sedangkan fasilitas lain untuk pengembangan diri seperti ruang Multi Media, ruang keterampilan, ruang kesenian, ruang radio pendidikan, mushola, sampai SSN tahab dua ini belum dapat terpenuhi.

Keberadaan SMP Negeri 2 Kwadungan Ngawi termasuk wilayah pedesaan dan tidak ada jaringan telepon, sehingga untuk mengembangkan ICT harus menggunakan cara lain yaitu menggunakan HP sebagai modem, sehingga perkembanganya sangat lambat dan ini pun baru di ruang TU. Namun dengan adanya Program SSN ini pada tahun 2009/2010 sudah dapat di atasi yaitu dengan memasang Antene untuk akses Internet dan sudah mencakup ruang TU, Kepala Sekolah, Guru dan Lab Komputer. Namun Bandwitnya masih kecil hal ini disebabkan karena belum ada alokasi dana. Rencana tahun ini akan menambah Bandwith sehingga ruang Lab. bisa tersjangkau untuk semua komputer. Keberadaan internet terhadap pelaksanaan pembelajaran pengaruhnya sangat luar biasa yaitu kesulitan materi bagi guru 50% sudah bisa diatasi.

Sekolah sudah berusaha menerapkan Manajemen Berbasis Sekolah. Setiap mengambil suatu kebijakan pihak manajemen sekolah melibatkan semua unsur sekolah, guru, karyawan dan komite sekolah, untuk diajak musyawarah.

.Standar kelulusan prestasi akademik hampir memenuhi standar nasional pendidikan nasional, hal ini terbukti dari tingkat kelulusan siswa yang mencapai 99% setiap tahunnya. (SKBM 70 dan nilai rata-rata NUN telah mencapai 7,45). Prestasi non akademik sekolah masih belum memenuhi standart, namun melihat dari bakat yang telah dimiliki para siswa, ada kemungkinan untuk menjadi juara kususnya untuk Volly dan sepak bola mini.
Tenaga pendidik dan tenaga pendidikan telah mencapai 100% memenuhi standar pendidikan nasional.

Standar pembiayaan belum memenuhi standar nasional pendidikan (Rp. 47.000 rupiah per bulan per anak). Standar penilaian guru dan sekolah telah melaksanakan system penilaian sesuai dengan tuntutan kurikulum atau standar nasional pendidikan (hanya dalam beberapa hal masih perlu pembinaan baik dalam hal tingkat kesulitan maupun model-model yang digunakan).

Hasil analisis Kondisi saat ini adalah sbb :

NO. KONDISI PENDIDIKAN SAAT INI
3 STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
a Bidang akademik: (Kecerdasan)
Rata2 pencapaian NUN = 6.8
Olimpiade sains bidang matematika memperoleh juara 3 di Tigkat Kabupaten
Olimpiade sains bidang biologi memperoleh juara 10 besar di Tigkat Kabupaten
Olimpiade sains bidang fisika matematika memperoleh juara 10 besar di Tigkat Kabupaten
Olimpiade sains bidang IPS belum memperoleh juara
Olimpiade sains bidang astronomi belum memperoleh juara
Telling Story juara harapan 3 tingkat kabupaten
b Bidang non akademik (Pengetahuan dan Kepribadian)
- Pengetahuan : Melaksanakan Study Tour 1 kali dalam 1 Tahun
- Kepribadian :
- Bola Voly mini memperoleh juara harapan 3 Tigkat Kabupaten
- Atletik belum memperoleh juara
- Tenes Meja belum memperoleh juara
- Bulu tangkis belu memperoleh juara
- Catur belummemperoleh juara
- PMR memperoleh juara 10 besar di Tigkat Kabupaten
- Regu Pramuka memperoleh juara 10 besar di Tigkat Kabupaten
- Seni Tari/hadrah memperoleh juara 10 besar di Tigkat Kabupaten
- Akhlak Mulia :
94% siswa mampu membaca AlQur’an
- Ketrampilan Untuk Hidup
- Jumlah siswa yang diberi bekal kusus di bidang computer baru 5% dari seluruh siswa
-Pendidikan lanjut :
- Kelulusan:
- Jumlah kelulusan 92%
- Melanjutkan studi:
- Jumlah lulusan yang melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi 85%






C. ANALISIS KONDISI PENDIDIKAN MASA DATANG ( 1 TAHUN KE DEPAN )

NO. PROGRAM

3.
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
a Bidang akademik: (Kecerdasan )
Rata2 pencapaian NUN 7,5
Olimpiade sains bidang matematika Juara 2 Kabupaten
Olimpiade sains bidang biologi 5 besar Tk. Kab.
Olimpiade sains bidang fisika matematika 5 besar Tk. Kab
Olimpiade sains bidang IPS 10 besar TK.Kab
Olimpiade sains bidang astronomi 10 besar TK.Kab
Telling Story
Harapan 2 Tk.Kab
b Bidang non akademik:
Pengetahuan :
Melaksanakan Study Tour 1 Kali
Kepribadian :
Bola Voly Harapan 2 Tk.Kab.
Atletik 10 besar TK.Kab
Tenes Meja 10 besar TK.Kab
Bulu tangkis 10 besar TK.Kab
Catur 10 besar TK.Kab
PMR 7 besar Tk. Kab.
Regu Pramuka 7 besar Tk. Kab.
Seni Tari/hadroh 7 besar Tk. Kab.
Akhlak Mulia :
siswa mampu membaca AlQur’an 96%
Ketrampilan untuk Hidup:
Jumlah siswa yang diberi bekal kusus di bidang computer baru 40% dari seluruh siswa 10%
.........
Pendidikan Lanjut :
Kelulusan:
Prosentase kelulusan 100%
Melanjutkan studi:
Jumlah lulusan yang melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi 90%








D. IDENTIFIKASI TANTANGAN NYATA SATU (1) TAHUN
SMP Negeri 2 Kwadungan satu tahun mendatang diharapkan tetap menjadi salah satu SMP yang menjadi dambaan masyarakat sekitarnya

NO. KONDISI PENDIDIKAN SAAT INI KONDISI PENDIDIKAN MASA DATANG (1 Tahun ) BESAR TANTANGAN NYATA
1. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
a Bidang akademik: (Kecerdasan)
Rata2 pencapaian NUN = 6.8 7,5 0,70
Olimpiade sains bidang matematika memperoleh juara 3 di Tigkat Kabupaten Juara 2 Kabupaten 1 tingkat

Olimpiade sains bidang biologi memperoleh juara 10 besar di Tigkat Kabupaten 5 besar Tk. Kab. 5 tingkat

Olimpiade sains bidang fisika matematika memperoleh juara 10 besar di Tigkat Kabupaten 5 besar Tk. Kab 5 tingkat

Olimpiade sains bidang IPS belum memperoleh juara 10 besar TK.Kab 1 tingkat
Olimpiade sains bidang astronomi belum memperoleh juara 10 besar TK.Kab 1 tingkat
Telling Story juara harapan 3 tingkat kabupaten Harapan 2 Tk.Kab 1 tingkat
b Bidang non akademik (Pengetahuan dan Kepribadian)
- Pengetahuan :
Melaksanakan Study Tour 1 kali dalam 1 Tahun 1 Kali -
- Kepribadian :
Bola Voly mini memperoleh juara harapan 3 Tigkat Kabupaten Harapan 2 Tk.Kab. 1 tingkat
Atletik belum memperoleh juara 10 besar TK.Kab 1 tingkat
Tenes Meja belum memperoleh juara 10 besar TK.Kab 1 tingkat
Bulu tangkis belu memperoleh juara 10 besar TK.Kab 1 tingkat
Catur belummemperoleh juara
PMR memperoleh juara 10 besar di Tigkat Kabupaten 7 besar Tk. Kab. 3 tingkat

Regu Pramuka memperoleh juara 10 besar di Tigkat Kabupaten 7 besar Tk. Kab. 3 tingkat

Seni Tari/hadrah memperoleh juara 10 besar di Tigkat Kabupaten 7 besar Tk. Kab. 3 tingkat

- Akhlak Mulia :
94% siswa mampu membaca AlQur’an 96% 4%
- Ketrampilan Untuk Hidup :
- Jumlah siswa yang diberi bekal kusus di bidang computer baru 5% dari seluruh siswa 10% 5%
-Pendidikan lanjut :
Kelulusan:
Jumlah kelulusan 92% 100% 8%
Melanjutkan studi:
Jumlah lulusan yang melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi 85% 90% 5%


E. TUJUAN SITUASIONAL / SASARAN
1. Sekolah mampu meningkatkan rata-rata nilai Nun dari 6.8 hingga 7,50 dengan mengintensifkan program BBI.
2. Sekolah mampu mengembangkan kelompok Olympiade Sains bidang matematika memperoleh juara 2 lomba di tingkat Kabupaten.
3. Sekolah mampu mengembangkan kelompok Olympiade Sains bidang biologi masuk 5 besar lomba di tingkat Kabupaten.
4. Sekolah mampu mengembangkan kelompok Olympiade Sains bidang Fisika masuk 5 besar lomba di tingkat Kabupaten
5. Sekolah mampu mengembangkan kelompok Olympiade Sains bidang IPS menjadi juara 10 besar ditingkat Kabupaten
6. Sekolah mampu mengembangkan kelompok Olympiade Sains bidang Astronomi menjadi juara 10 besar ditingkat Kabupaten
7. Sekolah mampu mengembangkan Telling Story yang mampu masuk juara harapan 2 lomba di tingkat Kabupaten.
8. Sekolah mampu mengembangkan Tim Bola Voly menjadi juara harapan 2 lomba di tingkat Kabupaten.
9. Sekolah mampu mengembangkan menjadi juara 10 besar ditingkat Kabupaten
10. Sekolah mampu mengembangkan menjadi juara 10 besar ditingkat Kabupaten
11. Sekolah mampu mengembangkan menjadi juara 10 besar ditingkat Kabupaten
12. Sekolah mampu mengembangkan menjadi juara 10 besar ditingkat Kabupaten
13. Sekolah mampu mengembangkan PMR menjadi juara 7 besar lomba di tingkat Kabupaten
14. Sekolah mampu mengembangkan regu Pramuka menjadi juara 7 besar lomba di tingkat Kabupaten
15. Sekolah mampu mengembangkan Seni tari/ hadrah yang mampu menjadi juara 7 besar lomba di tingkat Kabupaten
16. Sekolah mampu menuntaskan siswa mampu membaca Al-qur’an dari 96% menjadi 98%
17. Sekolah mampu memberikan bekal ketrampilan komputer 10% dari jumlah siswa
18. Sekolah mampu meningkatkan Persentase kelulusan dari 92 % menjadi 100%
19. Sekolah mampu meningkatkan Persentase jumlah lulusan yang melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dari85% menjadi 90%


F. IDENTIFIKASI URUSAN-URUSAN SEKOLAH UNTUK MENCAPAI SETIAP SASARAN.


1. PEMENUHAN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

a. SASARAN -19 : Sekolah mampu meningkatkan rata-rata nilai Nun dari 6.8 hingga 7,50 dengan mengintensifkan program BBI..
 Komponen yang diperlukan
a. Internal
• Guru
• Kepala Sekolah,
• Siswa
• Kurikulum
• Tenaga Kependidikan
• Bank Soal,
• Dana
• ATK
b. Eksternal
• Komite
• Orang tua wali murid
b. SASARAN -20 : Sekolah mampu mengembangkan kelompok Olympiade Sains bidang matematika memperoleh juara 2 lomba di tingkat Kabupaten.
 Komponen yang diperlukan
a. Internal
• Guru
• Kepala Sekolah,
• Siswa
• Buku sumber
• Bank Soal,
• Dana
• ATK
b. Eksternal
• Komite
• Orang tua wali murid


c. SASARAN 21 : Sekolah mampu mengembangkan kelompok Olympiade Sains bidang biologi masuk 5 besar lomba di tingkat Kabupaten.
 Komponen yang diperlukan
a. Internal
• Guru
• Kepala Sekolah,
• Siswa
• Buku sumber
• Bank Soal,
• Dana
• ATK
b. Eksternal
• Komite
• Orang tua wali murid

d. SASARAN 22 : Sekolah mampu mengembangkan kelompok Olympiade Sains bidang Fisika masuk 5 besar lomba di tingkat Kabupaten
 Komponen yang diperlukan
a. Internal
• Guru
• Kepala Sekolah,
• Siswa
• Buku sumber
• Bank Soal,
• Dana
• ATK
b. Eksternal
• Komite
• Orang tua wali murid

e. SASARAN 23 : Sekolah mampu mengembangkan kelompok Olympiade Sains bidang IPS menjadi juara 10 besar ditingkat Kabupaten
 Komponen yang diperlukan
a. Internal
• Guru
• Kepala Sekolah,
• Siswa
• Buku sumber
• Bank Soal,
• Dana
• ATK
b. Eksternal
• Komite
• Orang tua wali murid


f. SASARAN 24 : Sekolah mampu mengembangkan kelompok Olympiade Sains bidang Astronomi menjadi juara 10 besar ditingkat Kabupaten
 Komponen yang diperlukan
a. Internal
• Guru
• Kepala Sekolah,
• Siswa
• Buku sumber
• Bank Soal,
• Dana
• ATK
b. Eksternal
• Komite
• Orang tua wali murid



g. SASARAN 25 : Sekolah mampu mengembangkan Telling Story yang mampu masuk juara harapan 2 lomba di tingkat Kabupaten.

 Komponen yang diperlukan
a. Internal
• Guru
• Kepala Sekolah,
• Siswa
• Buku sumber
• Sumber cerita
• Dana
• ATK
• Media Cerita
b. Eksternal
• Komite
• Orang tua wali murid


h. SASARAN 26 : Sekolah mampu mengembangkan Tim Bola Voly menjadi juara harapan 2 lomba di tingkat Kabupaten..
 Komponen yang diperlukan
a. Internal
• Kepala sekolah
• Guru pembina
• Materi Latihan
• Lapangan Volly
• Siswa
• Kostum
• Peralatan
• Dana

b. Eksternal
• Komite
• Orang tua wali murid

i. SASARAN 27 :Sekolah mampu mengembangkan menjadi juara 10 besar ditingkat Kabupaten
 Komponen yang diperlukan
a. Internal
• Kepala sekolah
• Guru pembina
• Materi Latihan
• Lapangan Volly
• Siswa
• Kostum
• Peralatan
• Dana
b. Eksternal
• Komite
• Orang tua wali murid

j. SASARAN 28 :Sekolah mampu mengembangkan menjadi juara 10 besar ditingkat Kabupaten
 Komponen yang diperlukan
a. Internal
• Kepala sekolah
• Guru pembina
• Materi Latihan
• Lapangan Volly
• Siswa
• Kostum
• Peralatan
• Dana
b. Eksternal
• Komite
• Orang tua wali murid

k. SASARAN 29 :Sekolah mampu mengembangkan menjadi juara 10 besar ditingkat Kabupaten
 Komponen yang diperlukan
a. Internal
• Kepala sekolah
• Guru pembina
• Materi Latihan
• Lapangan Volly
• Siswa
• Kostum
• Peralatan
• Dana
b. Eksternal
• Komite
• Orang tua wali murid

l. SASARAN 30 :Sekolah mampu mengembangkan menjadi juara 10 besar ditingkat Kabupaten
 Komponen yang diperlukan
a. Internal
• Kepala sekolah
• Guru pembina
• Materi Latihan
• Lapangan Volly
• Siswa
• Kostum
• Peralatan
• Dana
b. Eksternal
• Komite
• Orang tua wali murid



m. SASARAN 31 : Sekolah mampu mengembangkan PMR menjadi juara 7 besar lomba di tingkat Kabupaten
 Komponen yang diperlukan
a. Internal
• Kepala Sekolah
• Guru Pembina
• Materi Latihan
• Tempat latihan
• Siswa
• Tenda
• Perlengkapan
• Dana
b. Eksternal
• Komite
• Orang tua wali murid


n. SASARAN 32 : Sekolah mampu mengembangkan regu Pramuka menjadi juara 7 besar lomba di tingkat Kabupaten
 Komponen yang diperlukan
a. Internal
• Kepala sekolah
• Guru Pembina
• Materi Latihan
• Tempat latihan
• Siswa
• Tenda
• Perlengkapan
• Dana
b. Eksternal
• Komite
• Orang tua wali murid


o. SASARAN 33 : Sekolah mampu mengembangkan Seni tari/ hadrah yang mampu menjadi juara 7 besar lomba di tingkat Kabupaten
 Komponen yang diperlukan
a. Internal
• Guru pembina
• Guru Pelatih
• Materi Latihan
• Tempat latihan
• Listrik
• Siswa
• Sound Sistem
• Perlengkapan
• Dana
b. Eksternal
• Komite
• Orang tua wali murid


p. SASARAN 34 : Sekolah mampu menuntaskan siswa mampu membaca Al-qur’an dari 96% menjadi 98%
 Komponen yang diperlukan
a. Internal
• Guru pembina
• Kepala Sekolah,
• Materi
• Al-Qur’an
• Siswa
• Dana
• ATK

b. Eksternal
• Komite
• Orang tua wali murid

q. SASARAN 35 : Sekolah mampu memberikan bekal ketrampilan komputer 10% dari jumlah siswa
 Komponen yang diperlukan
a. Internal
• Guru pembina
• Kepala Sekolah,
• Materi
• Komputer
• LCD
• Siswa
• Dana
• ATK
b. Eksternal
• Komite
• Orang tua wali murid

r. SASARAN 36 : Sekolah mampu meningkatkan Persentase kelulusan dari 92 % menjadi 100%
 Komponen yang diperlukan
a. Internal
• Kurikulum
• Kesiapan Teknis
• Siswa
• Mental Siswa
• Guru
• Kepala Sekolah
• BBI
• Try Out
• ATK
• Tenaga Kependidikan
• Dana
b. Eksternal
• Komite
• Orang tua wali murid
s. SASARAN 37 : Sekolah mampu meningkatkan Persentase jumlah lulusan yang melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dari 85% menjadi 90%
 Komponen yang diperlukan
a. Internal
• Kepala sekolah
• Guru BK
• Guru
• Kesiapan Teknis
• Siswa
• Mental Siswa
• Guru
• TU
• Dana
b. Eksternal
• Komite
• Orang tua wali murid

G. ANALISIS SWOT
1. STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN
a. SASARAN 19 : Sekolah mampu meningkatkan rata-rata nilai Nun dari 6,8 hingga 7,50 dengan mengintensifkan program BBI.
KOMPONEN/ FUNGSI DAN FAKTORNYA KRITERIA KESIAPAN KONDISI NYATA TINGKAT KESIAPAN
SIAP TIDAK
1. INTERNAL
Guru Menguasai materi UN Menguasai materi UN √
Siswa Motivasi belajar 100% Motivasi belajar 80% √
Kepala Sekolah Loyalitas tinggi Loyalitas tinggi √
Kurikulum Materi UN sesuai KTSP Materi UN sesuai KTSP √
Tenaga Kependidikan Siap membantu secara administrasi Siap membantu secara administrasi √
Dana Dana siap dari bos Dana siap dari bos √
ATK ATK tersedia ATK tersedia √
Buku sumber Tersedia Kurang √
Bank Soal Lengkap Kurang Lengkap √
B. EKSTERNAL √
Komite Mendukung Mendukung √
Orang tua siswa Mendukung Mendukung √

b. SASARAN 20 : Sekolah mampu mengembangkan kelompok Olympiade Sains bidang matematika memperoleh juara 2 lomba di tingkat Kabupaten
KOMPONEN/ FUNGSI DAN FAKTORNYA KRITERIA KESIAPAN KONDISI NYATA TINGKAT KESIAPAN
SIAP TIDAK
1. INTERNAL
Guru Menguasai materi Menguasai materi √
Siswa Motivasi belajar 100% Motivasi belajar 90% √
Kepala Sekolah Loyalitas tinggi Loyalitas tinggi √
Buku sumber Tersedia Tersedia √
Dana Dana siap dari bos Dana siap dari bos √
ATK ATK tersedia ATK tersedia √
Bank Soal Lengkap Kurang Lengkap √
B. EKSTERNAL
Komite Mendukung Mendukung √
Orang tua siswa Mendukung Mendukung √


c. SASARAN 21 : Sekolah mampu mengembangkan kelompok Olympiade Sains bidang biologi masuk 5 besar lomba di tingkat Kabupaten.
KOMPONEN/ FUNGSI DAN FAKTORNYA KRITERIA KESIAPAN KONDISI NYATA TINGKAT KESIAPAN
SIAP TIDAK
1. INTERNAL
Guru Menguasai materi Menguasai materi √
Siswa Motivasi belajar 100% Motivasi belajar 90% √
Kepala Sekolah Loyalitas tinggi Loyalitas tinggi √
Buku sumber Tersedia Tersedia √
Dana Dana siap dari bos Dana siap dari bos √
ATK ATK tersedia ATK tersedia √
Bank Soal Lengkap Kurang Lengkap √
B. EKSTERNAL
Komite Mendukung Mendukung √
Orang tua siswa Mendukung Mendukung √
d. SASARAN 22 : Sekolah mampu mengembangkan kelompok Olympiade Sains bidang Fisika masuk 5 besar lomba di tingkat Kabupaten.
KOMPONEN/ FUNGSI DAN FAKTORNYA KRITERIA KESIAPAN KONDISI NYATA TINGKAT KESIAPAN
SIAP TIDAK
1. INTERNAL
Guru Menguasai materi Menguasai materi √
Siswa Motivasi belajar 100% Motivasi belajar 90% √
Kepala Sekolah Loyalitas tinggi Loyalitas tinggi √
Buku sumber Tersedia Tersedia √
Dana Dana siap dari bos Dana siap dari bos √
ATK ATK tersedia ATK tersedia √
Bank Soal Lengkap Kurang Lengkap √
B. EKSTERNAL
Komite Mendukung Mendukung √
Orang tua siswa Mendukung Mendukung √

e. SASARAN 23 : Sekolah mampu mengembangkan kelompok Olympiade Sains bidang IPS menjadi juara 10 besar ditingkat Kabupaten
KOMPONEN/ FUNGSI DAN FAKTORNYA KRITERIA KESIAPAN KONDISI NYATA TINGKAT KESIAPAN
SIAP TIDAK
1. INTERNAL
Guru Menguasai materi Menguasai materi √
Siswa Motivasi belajar 100% Motivasi belajar 90% √
Kepala Sekolah Loyalitas tinggi Loyalitas tinggi √
Buku sumber Tersedia Tersedia √
Dana Dana siap dari bos Dana siap dari bos √
ATK ATK tersedia ATK tersedia √
Bank Soal Lengkap Kurang Lengkap √
B. EKSTERNAL
Komite Mendukung Mendukung √
Orang tua siswa Mendukung Mendukung √

f. SASARAN 24 : Sekolah mampu mengembangkan kelompok Olympiade Sains bidang Astronomi menjadi juara 10 besar ditingkat Kabupaten
KOMPONEN/ FUNGSI DAN FAKTORNYA KRITERIA KESIAPAN KONDISI NYATA TINGKAT KESIAPAN
SIAP TIDAK
1. INTERNAL
Guru Menguasai materi Menguasai materi √
Siswa Motivasi belajar 100% Motivasi belajar 90% √
Kepala Sekolah Loyalitas tinggi Loyalitas tinggi √
Buku sumber Tersedia Tersedia √
Dana Dana siap dari bos Dana siap dari bos √
ATK ATK tersedia ATK tersedia √
Bank Soal Lengkap Kurang Lengkap √
B. EKSTERNAL
Komite Mendukung Mendukung √
Orang tua siswa Mendukung Mendukung √


g. SASARAN 25 : Sekolah mampu mengembangkan Telling Story yang mampu masuk juara harapan 2 lomba di tingkat Kabupaten.
KOMPONEN/ FUNGSI DAN FAKTORNYA KRITERIA KESIAPAN KONDISI NYATA TINGKAT KESIAPAN
SIAP TIDAK
1. INTERNAL
Guru Menguasai materi Menguasai materi √
Siswa Motivasi belajar 100% Motivasi belajar 90% √
Kepala Sekolah Loyalitas tinggi Loyalitas tinggi √
Buku sumber Tersedia Tersedia √
Dana Dana siap dari bos Dana siap dari bos √
Sumber cerita Cukup Kurang √
Meia cerita Tersedia Belum tersedia √
ATK ATK tersedia ATK tersedia √
B. EKSTERNAL
Komite Mendukung Mendukung √
Orang tua siswa Mendukung Mendukung √


h. SASARAN 26 : Sekolah mampu mengembangkan Tim Bola Voly menjadi juara harapan 2 lomba di tingkat Kabupaten.

C KRITERIA KESIAPAN KONDISI NYATA TINGKAT KESIAPAN
SIAP TIDAK
A. INTERNAL
Materi latihan Sesuai program Sesuai program √
Lapangan Volly Tersedia Tersedia √
Pembina Berkompeten Berkompeten √
Siswa Semangat tinggi Semangat tinggi √
Kostum Tersedia Kurang √
Peralatan Tersedia Kurang √
Dana Cukup Cukup √
B. EKSTERNAL
Komite Mendukung Mendukung √

i. SASARAN 27 :Sekolah mampu mengembangkan menjadi juara 10 besar ditingkat Kabupaten
C KRITERIA KESIAPAN KONDISI NYATA TINGKAT KESIAPAN
SIAP TIDAK
A. INTERNAL
Materi latihan Sesuai program Sesuai program √
Lapangan Volly Tersedia Tersedia √
Pembina Berkompeten Berkompeten √
Siswa Semangat tinggi Semangat tinggi √
Kostum Tersedia Kurang √
Peralatan Tersedia Kurang √
Dana Cukup Cukup √
B. EKSTERNAL
Komite Mendukung Mendukung √

j. SASARAN 28 :Sekolah mampu mengembangkan menjadi juara 10 besar ditingkat Kabupaten
C KRITERIA KESIAPAN KONDISI NYATA TINGKAT KESIAPAN
SIAP TIDAK
A. INTERNAL
Materi latihan Sesuai program Sesuai program √
Lapangan Volly Tersedia Tersedia √
Pembina Berkompeten Berkompeten √
Siswa Semangat tinggi Semangat tinggi √
Kostum Tersedia Kurang √
Peralatan Tersedia Kurang √
Dana Cukup Cukup √
B. EKSTERNAL
Komite Mendukung Mendukung √

k. SASARAN 29 :Sekolah mampu mengembangkan menjadi juara 10 besar ditingkat Kabupaten
C KRITERIA KESIAPAN KONDISI NYATA TINGKAT KESIAPAN
SIAP TIDAK
A. INTERNAL
Materi latihan Sesuai program Sesuai program √
Lapangan Volly Tersedia Tersedia √
Pembina Berkompeten Berkompeten √
Siswa Semangat tinggi Semangat tinggi √
Kostum Tersedia Kurang √
Peralatan Tersedia Kurang √
Dana Cukup Cukup √
B. EKSTERNAL
Komite Mendukung Mendukung √



l. SASARAN 30 :Sekolah mampu mengembangkan menjadi juara 10 besar ditingkat Kabupaten
C KRITERIA KESIAPAN KONDISI NYATA TINGKAT KESIAPAN
SIAP TIDAK
A. INTERNAL
Materi latihan Sesuai program Sesuai program √
Lapangan Volly Tersedia Tersedia √
Pembina Berkompeten Berkompeten √
Siswa Semangat tinggi Semangat tinggi √
Kostum Tersedia Kurang √
Peralatan Tersedia Kurang √
Dana Cukup Cukup √
B. EKSTERNAL
Komite Mendukung Mendukung √



m. SASARAN 31 : Sekolah mampu mengembangkan regu PMR menjadi juara 7 besar lomba di tingkat Kabupaten
KOMPONEN/ FUNGSI DAN FAKTORNYA KRITERIA KESIAPAN KONDISI NYATA TINGKAT KESIAPAN
SIAP TIDAK
A. INTERNAL
Materi latihan Sesuai program Sesuai program √
Tempat latihan Tersedia Tersedia √
Tenda Tersedia 4 Tersedia 2 √
Pembina Berkompeten Berkompeten √
Siswa Semangat tinggi Semangat tinggi √
Perlengkapan Tersedia Kurang √
Dana Cukup Cukup √
B. EKSTERNAL
Komite Mendukung Mendukung √
Orang tua Wali Mendukung Mendukung √



n. SASARAN 32 : Sekolah mampu mengembangkan regu Pramuka menjadi juara 7 besar lomba di tingkat Kabupaten
KOMPONEN/ FUNGSI DAN FAKTORNYA KRITERIA KESIAPAN KONDISI NYATA TINGKAT KESIAPAN
SIAP TIDAK
A. INTERNAL
Materi latihan Sesuai program Sesuai program √
Tempat latihan Tersedia Tersedia √
Tenda Tersedia 4 Tersedia 2 √
Pembina Berkompeten Berkompeten √
Siswa Semangat tinggi Semangat tinggi √
Perlengkapan Tersedia Kurang √
Dana Cukup Cukup √
B. EKSTERNAL
Komite Mendukung Mendukung √
Orang tua Wali Mendukung Mendukung √


o. SASARAN 33 : Sekolah mampu mengembangkan Seni tari/ hadrah yang mampu menjadi juara 7 besar lomba di tingkat Kabupaten

KOMPONEN/ FUNGSI DAN FAKTORNYA KRITERIA KESIAPAN KONDISI NYATA TINGKAT KESIAPAN
SIAP TIDAK
A. INTERNAL
Guru Pembina Berkompeten berkompeten √
Pelatih ada Tidak ada √
Materi latihan Sesuai program Sesuai program √
Tempat latihan Tersedia Tersedia √
Listrik Tersedia Tersedia √
Sound sistem Memadai Kurang memadai √
Siswa Semangat tinggi Semangat tinggi √
Peralatan Tersedia Kurang √
Dana Cukup Cukup √
B. EKSTERNAL
Komite Mendukung Mendukung √

p. SASARAN 34 : Sekolah mampu menuntaskan siswa mampu membaca Al-qur’an dari 96% menjadi 98%
KOMPONEN/ FUNGSI DAN FAKTORNYA KRITERIA KESIAPAN KONDISI NYATA TINGKAT KESIAPAN
SIAP TIDAK
A. INTERNAL
Guru Pembina Berkompeten berkompeten √
Kepala sekolah mendukung mendukung √
Materi Sesuai program Sesuai program √
Al-qur’an Tersedia kurang √
siswa semangat semangat √
Dana Cukup Cukup √
ATK Tersedia Tersedia √
B. EKSTERNAL
Komite Mendukung Mendukung √



q. SASARAN 35 : Sekolah mampu memberikan bekal ketrampilan komputer 10% dari jumlah siswa
KOMPONEN/ FUNGSI DAN FAKTORNYA KRITERIA KESIAPAN KONDISI NYATA TINGKAT KESIAPAN
SIAP TIDAK
A. INTERNAL
Guru Pembina Berkompeten berkompeten √
Kepala sekolah mendukung mendukung √
Materi Sesuai program Sesuai program √
Komputer Tersedia kurang √
siswa semangat semangat √
Dana Cukup Cukup √
ATK Tersedia Tersedia √
B. EKSTERNAL
Komite Mendukung Mendukung √



r. SASARAN 36 : Sekolah mampu meningkatkan Persentase kelulusan dari 92 % menjadi 100%
KOMPONEN/ FUNGSI DAN FAKTORNYA KRITERIA KESIAPAN KONDISI NYATA TINGKAT KESIAPAN
SIAP TIDAK
A. INTERNAL
Kurikulum KTSP KTSP √
Siswa Termotivasi Kurang termotivasi √
Kesiapan Teknis Baik Baik √
Mental Siswa Baik Kurang √
Dana Memadai Cukup √
Guru Berkompeten Berkompeten √
BBI Terprogram Terprogram √
Try Out Terprogram Terprogram √
ATK Tersedia Tersedia √
Kepala Sekolah Menfasilitasi Menfasilitasi √
Tenaga Kependidikan Siap membantu Siap membantu √
B. EKSTERNAL
Orang Tua / Wali Siswa Mendukung Mendukung √
Komite Sekolah Mendukung Mendukung √


s. SASARAN 37 : Sekolah mampu meningkatkan Persentase jumlah lulusan yang melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dari 85% menjadi 90%

KOMPONEN/ FUNGSI DAN FAKTORNYA KRITERIA KESIAPAN KONDISI NYATA TINGKAT KESIAPAN
SIAP TIDAK
A. INTERNAL
NUN Yang Tinggi NUN rata – rata 7,5 NUN rata – rata 7,45 √
Siswa Siswa Siap Melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi Siswa siap √
Guru Guru memberi motivasi kepada siswa Guru memberi motivasi √
Kepala Sekolah Membuat program penambahan materi UNAS Telah memprogramkan pemantapan materi UNAS √
Dana Mencukupi untuk melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi Orang tua kurang mampu √
Informasi Studi Lanjut Cukup Informasi dari sekolah Sekolah memberi Informasi √
Strategi Memilih Sekolah Guru memberikan strategi dalam memilih sekolah Guru memberi strategi dalam memilih sekolah √
Motivasi Siswa Tinggi dalam melanjutkan sekolah lebih tinggi Tinggi untuk melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi √
B. EKSTERNAL
Orang Tua / Wali Siswa Orang tua mendukung siswa / anaknya Orang tua mendukung siswa / anaknya √
Komite Sekolah Mendukung kelanjutan sekolah siswa Mendukung siswa dalam melanjutkan sekolah √
Jarak Rumah Dengan Sekolah Yang Di tuju Terjangkau oleh trasportasi Transportasi tersedia √



H. ALTERNATIF LANGKAH LANGKAH PENYELESAIAN MASALAH

1. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

a. SASARAN - 19 : Sekolah mampu meningkatkan rata-rata nilai Nun dari 6,8 hingga 7,50 dengan mengintensifkan program BBI.
FAKTOR YANG TIDAK SIAP PERSOALAN PADA KOMPONEN/FAKTOR ALTERNATIF PEMECANAHN PERSOALAN
Siswa Motivasi Kurang Memberi hadiah bagi siswa yang rangking 1 , 2,3 di Sekolah
Buku Sumber Kurang Lengkap Pengadaan Buku sumber
Bank Soal Kurang Lengkap Menambah Bank Soal

b. SASARAN - 20 : Sekolah mampu mengembangkan kelompok Olympiade Sains bidang matematika memperoleh juara 2 lomba di tingkat Kabupaten
FAKTOR YANG TIDAK SIAP PERSOALAN PADA KOMPONEN/FAKTOR ALTERNATIF PEMECANAHN PERSOALAN
Buku Sumber Kurang Lengkap Pengadaan Buku sumber
Bank Soal Kurang Lengkap Menambah Bank Soal

c. SASARAN - 21 : Sekolah mampu mengembangkan kelompok Olympiade Sains bidang Biologi memperoleh juara 2 lomba di tingkat Kabupaten
FAKTOR YANG TIDAK SIAP PERSOALAN PADA KOMPONEN/FAKTOR ALTERNATIF PEMECANAHN PERSOALAN
Buku Sumber Kurang Lengkap Pengadaan Buku sumber
Bank Soal Kurang Lengkap Menambah Bank Soal

d. SASARAN - 22 : Sekolah mampu mengembangkan kelompok Olympiade Sains bidang Fisika memperoleh juara 2 lomba di tingkat Kabupaten
FAKTOR YANG TIDAK SIAP PERSOALAN PADA KOMPONEN/FAKTOR ALTERNATIF PEMECANAHN PERSOALAN
Buku Sumber Kurang Lengkap Pengadaan Buku sumber
Bank Soal Kurang Lengkap Menambah Bank Soal

e. SASARAN 23 : Sekolah mampu mengembangkan kelompok Olympiade Sains bidang IPS menjadi juara 10 besar ditingkat Kabupaten
FAKTOR YANG TIDAK SIAP PERSOALAN PADA KOMPONEN/FAKTOR ALTERNATIF PEMECANAHN PERSOALAN
Buku Sumber Kurang Lengkap Pengadaan Buku sumber
Bank Soal Kurang Lengkap Menambah Bank Soal

f. SASARAN 24 : Sekolah mampu mengembangkan kelompok Olympiade Sains bidang Astronomi menjadi juara 10 besar ditingkat Kabupaten
FAKTOR YANG TIDAK SIAP PERSOALAN PADA KOMPONEN/FAKTOR ALTERNATIF PEMECANAHN PERSOALAN
Buku Sumber Kurang Lengkap Pengadaan Buku sumber
Bank Soal Kurang Lengkap Menambah Bank Soal

g. SASARAN - 25 : Sekolah mampu mengembangkan Telling Story yang mampu masuk juara harapan 2 lomba di tingkat Kabupaten
FAKTOR YANG TIDAK SIAP PERSOALAN PADA KOMPONEN/FAKTOR ALTERNATIF PEMECANAHN PERSOALAN

Buku Sumber Kurang Lengkap Pengadaan Buku sumber
Sumber belajar/cerita Kurang Mencari sumber di Internet
Media cerita Kurang terpenuhi Di penuhi

h. SASARAN - 26 : Sekolah mampu mengembangkan Tim Bola Voly menjadi juara harapan 2 lomba di tingkat Kabupaten
FAKTOR YANG TIDAK SIAP PERSOALAN PADA KOMPONEN/FAKTOR ALTERNATIF PEMECANAHN PERSOALAN

Kostum Tidak punya Pengadaan Kostum
Peralatan Peralatan Kurang Pengadaan peralatan

i. SASARAN 27 :Sekolah mampu mengembangkan menjadi juara 10 besar ditingkat Kabupaten
FAKTOR YANG TIDAK SIAP PERSOALAN PADA KOMPONEN/FAKTOR ALTERNATIF PEMECANAHN PERSOALAN

Kostum Tidak punya Pengadaan Kostum
Peralatan Peralatan Kurang Pengadaan peralatan

j. SASARAN 28 :Sekolah mampu mengembangkan menjadi juara 10 besar ditingkat Kabupaten
FAKTOR YANG TIDAK SIAP PERSOALAN PADA KOMPONEN/FAKTOR ALTERNATIF PEMECANAHN PERSOALAN

Kostum Tidak punya Pengadaan Kostum
Peralatan Peralatan Kurang Pengadaan peralatan


k. SASARAN 29 :Sekolah mampu mengembangkan menjadi juara 10 besar ditingkat Kabupaten
FAKTOR YANG TIDAK SIAP PERSOALAN PADA KOMPONEN/FAKTOR ALTERNATIF PEMECANAHN PERSOALAN

Kostum Tidak punya Pengadaan Kostum
Peralatan Peralatan Kurang Pengadaan peralatan


l. SASARAN 30 :Sekolah mampu mengembangkan menjadi juara 10 besar ditingkat Kabupaten
FAKTOR YANG TIDAK SIAP PERSOALAN PADA KOMPONEN/FAKTOR ALTERNATIF PEMECANAHN PERSOALAN

Kostum Tidak punya Pengadaan Kostum
Peralatan Peralatan Kurang Pengadaan peralatan

m. SASARAN - 31 : Sekolah mampu mengembangkan regu PMR menjadi juara 7 besar lomba di tingkat Kabupaten
FAKTOR YANG TIDAK SIAP PERSOALAN PADA KOMPONEN/FAKTOR ALTERNATIF PEMECANAHN PERSOALAN

Peralatan Peralatan Kurang Membeli tenda
perlengkapan Perlengkapan kurang Pengadaan Perlengkapan


n. SASARAN - 32 : Sekolah mampu mengembangkan regu Pramuka menjadi juara 7 besar lomba di tingkat Kabupaten
FAKTOR YANG TIDAK SIAP PERSOALAN PADA KOMPONEN/FAKTOR ALTERNATIF PEMECANAHN PERSOALAN

Peralatan Peralatan Kurang Membeli tenda
perlengkapan Perlengkapan kurang Pengadaan Perlengkapan

o. SASARAN - 33 : Sekolah mampu mengembangkan Seni tari/ hadrah yang mampu menjadi juara 7 besar lomba di tingkat Kabupaten
FAKTOR YANG TIDAK SIAP PERSOALAN PADA KOMPONEN/FAKTOR ALTERNATIF PEMECANAHN PERSOALAN

Peralatan Peralatan Kurang Membeli Organ
Pelatih Tidak ada Saling mengisi
Sound system Kurang memadai Melengkapi


p. SASARAN - 34 : Sekolah mampu menuntaskan siswa mampu membaca Al-qur’an dari 96% menjadi 98%
FAKTOR YANG TIDAK SIAP PERSOALAN PADA KOMPONEN/FAKTOR ALTERNATIF PEMECANAHN PERSOALAN

Al-qur’an kurang Siswa disuruh membawa



q. SASARAN - 36 : Sekolah mampu meningkatkan Persentase kelulusan dari 92% menjadi 100%
FAKTOR YANG TIDAK SIAP PERSOALAN PADA KOMPONEN/FAKTOR ALTERNATIF PEMECANAHN PERSOALAN

siswa Mental siswa Kurang Diadakan Bimbingan Konseling
Motivasi Motivasi kurang Bekerja sama dengan wali murid
Mencarikan Sekolah

r. SASARAN - 37 : Sekolah mampu meningkatkan Persentase jumlah lulusan yang melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dari 85% menjadi 90%
FAKTOR YANG TIDAK SIAP PERSOALAN PADA KOMPONEN/FAKTOR ALTERNATIF PEMECANAHN PERSOALAN

Dana Dana orang tua kurang mencukupi Mencari sekolah terdekat

Diusulkan untuk mendapatkan BKM

I. RENCANA PROGRAM KERJA DAN RENCANA KEGIATAN

1. PEMENUHAN SKL

a. SASARAN 19 : Sekolah mampu meningkatkan rata-rata nilai Nun dari 6,8 hingga 7,50 dengan mengintensifkan program BBI.
 Menyusun program pendalaman materi UN
 Membentuk panitia pelaksanaan pendalaman materi UN
 Menyusun materi pendalaman MAPEL UN
 Menentukan anggaran
 Menyusun jadwal pelaksanaan dan evaluasi / try out
 Menyusun Laporan

b. SASARAN 20 : Sekolah mampu mengembangkan kelompok Olympiade Sains bidang matematika memperoleh juara 2 lomba di tingkat Kabupaten
 Menyusun program pembinaan
 Menentukan anggaran
 Melengkapi Buku sumber
 Menambah Bank Soal
 Menyusunan jadwal kegiatan
 Koordinasi dengan pihak terkait (siswa, Pembina)
 Menyusun Laporan

c. SASARAN 21 : Sekolah mampu mengembangkan kelompok Olympiade Sains bidang biologi masuk 5 besar lomba di tingkat Kabupaten
 Menyusun program pembinaan
 Menentukan anggaran
 Melengkapi Buku sumber
 Menambah Bank Soal
 Menyusunan jadwal kegiatan
 Koordinasi dengan pihak terkait (siswa, Pembina)
 Menyusun Laporan

d. SASARAN 22 : Sekolah mampu mengembangkan kelompok Olympiade Sains bidang fisika masuk 5 besar lomba di tingkat Kabupaten
 Menyusun program pembinaan
 Menentukan anggaran
 Melengkapi Buku sumber
 Menambah Bank Soal
 Menyusunan jadwal kegiatan
 Koordinasi dengan pihak terkait (siswa, Pembina)
 Menyusun Laporan


e. SASARAN 23 : Sekolah mampu mengembangkan kelompok Olympiade Sains bidang IPS menjadi juara 10 besar ditingkat Kabupaten
 Menyusun program pembinaan
 Menentukan anggaran
 Melengkapi Buku sumber
 Menambah Bank Soal
 Menyusunan jadwal kegiatan
 Koordinasi dengan pihak terkait (siswa, Pembina)
 Menyusun Laporan

f. SASARAN 24 : Sekolah mampu mengembangkan kelompok Olympiade Sains bidang Astronomi menjadi juara 10 besar ditingkat Kabupaten
 Menyusun program pembinaan
 Menentukan anggaran
 Melengkapi Buku sumber
 Menambah Bank Soal
 Menyusunan jadwal kegiatan
 Koordinasi dengan pihak terkait (siswa, Pembina)
 Menyusun Laporan

g. SASARAN 25 : Sekolah mampu mengembangkan Telling Story yang mampu masuk juara harapan 2 lomba di tingkat Kabupaten.
 Menyusun program pembinaan
 Menentukan anggaran
 Melengkapi Buku sumber dari internet
 Foto copy Sumber Belajar
 Pengadaan Media cerita yang diperlukan
 Menyusunan jadwal kegiatan
 Koordinasi dengan pihak terkait (siswa, Pembina)
 Menyusun Laporan

h. SASARAN 26 : Sekolah mampu mengembangkan Tim Bola Voly menjadi juara harapan 2 lomba di tingkat Kabupaten.
 Menyusun program pembinaan
 Menentukan anggaran
 Menyusunan jadwal kegiatan
 Koordinasi dengan pihak terkait (kesiswaan, pelatih)
 Menyediakan saran dan prasarana
 Menyusun jadwal pertandingan dengan club lain
 Menyusun Laporan

i. SASARAN 27 :Sekolah mampu mengembangkan menjadi juara 10 besar ditingkat Kabupaten
 Menyusun program pembinaan
 Menentukan anggaran
 Menyusunan jadwal kegiatan
 Koordinasi dengan pihak terkait (kesiswaan, pelatih)
 Menyediakan saran dan prasarana
 Menyusun jadwal pertandingan dengan club lain
 Menyusun Laporan

j. SASARAN 28 :Sekolah mampu mengembangkan menjadi juara 10 besar ditingkat Kabupaten
 Menyusun program pembinaan
 Menentukan anggaran
 Menyusunan jadwal kegiatan
 Koordinasi dengan pihak terkait (kesiswaan, pelatih)
 Menyediakan saran dan prasarana
 Menyusun jadwal pertandingan dengan club lain
 Menyusun Laporan

k. SASARAN 29 :Sekolah mampu mengembangkan menjadi juara 10 besar ditingkat Kabupaten
 Menyusun program pembinaan
 Menentukan anggaran
 Menyusunan jadwal kegiatan
 Koordinasi dengan pihak terkait (kesiswaan, pelatih)
 Menyediakan saran dan prasarana
 Menyusun jadwal pertandingan dengan club lain
 Menyusun Laporan

l. SASARAN 30 :Sekolah mampu mengembangkan menjadi juara 10 besar ditingkat Kabupaten
 Menyusun program pembinaan
 Menentukan anggaran
 Menyusunan jadwal kegiatan
 Koordinasi dengan pihak terkait (kesiswaan, pelatih)
 Menyediakan saran dan prasarana
 Menyusun jadwal pertandingan dengan club lain
 Menyusun Laporan

m. SASARAN 31 : Sekolah mampu mengembangkan regu PMR menjadi juara 7 besar lomba di tingkat Kabupaten
 Menyusun program pembinaan
 Menentukan anggaran
 Menyusunan jadwal kegiatan
 Koordinasi dengan pihak terkait (kesiswaan, pelatih)
 Menyediakan saran dan prasarana
 Menyusun Laporan

n. SASARAN 32 : Sekolah mampu mengembangkan regu Pramuka menjadi juara 7 besar lomba di tingkat Kabupaten
 Menyusun program pembinaan
 Menentukan anggaran
 Menyusunan jadwal kegiatan
 Koordinasi dengan pihak terkait (kesiswaan, pelatih)
 Menyediakan saran dan prasarana
 Menyusun Laporan
o. SASARAN 33 : Sekolah mampu mengembangkan Seni tari/ hadrah yang mampu menjadi juara 7 besar lomba di tingkat Kabupaten
 Menyusun program pembinaan
 Menentukan anggaran
 Menyusunan jadwal kegiatan
 Koordinasi dengan pihak terkait (kesiswaan, pelatih)
 Menyediakan sarana dan prasarana
 Menyusun Laporan

p. SASARAN 34 : Sekolah mampu menuntaskan siswa mampu membaca Al-qur’an dari 96% menjadi 98%
 Menyusun program pembinaan
 Menentukan anggaran
 Menyusunan jadwal kegiatan
 Koordinasi dengan pihak terkait (kesiswaan, guru pembina)
 Menyediakan sarana dan prasarana
 Menyusun Laporan

q. SASARAN 35 :Sekolah mampu memberikan bekal ketrampilan komputer 10% dari jumlah siswa
 Menyusun program pembinaan
 Menentukan anggaran
 Menyusunan jadwal kegiatan
 Koordinasi dengan pihak terkait (kesiswaan, guru pembina)
 Menyediakan sarana dan prasarana
 Menyusun Laporan

r. SASARAN 36 : Sekolah mampu meningkatkan Persentase kelulusan dari 92% menjadi 100%
 Menyusun program tercapainya kelulusan 100%
 Menyiapkan dan meningkatkan kesiapan mental siswa
 Menentukan anggaran
 Meningkatkan kerjasama dengan orang tua siswa
 Mengadakan Try OUT interen (yang diadakan oleh sekolah) dan eksteren (yang diadakan oleh Dinas Pendidikan dan Pihak – pihak lain)
 Menyusun Laporan

s. SASARAN 37 : Sekolah mampu meningkatkan Persentase jumlah lulusan yang melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dari85% menjadi 90%
 Meningkatkan perolehan NUN
 Memberikan wawasan kepada siswa terhadap sekolah yang akan dipilih
 Menyusun Laporan


J. SUPERVISI, MONITORING, EVALUASI DAN AKREDITASI SEKOLAH
1. Persiapan
2. Pengembangan perangkat instrumen
3. Menyusun jadwal
4. Menyiapkan instrumen evaluasi atau monitoring
5. Pelaksanaan
a. Pengambilan data
b. Analisis data
c. Pemecahan masalah
6. Pelaporan
7. Tindak lanjut

K. RENCANA MONITORING DAN EVALUASI
1. Pengembangan Standar Kompetensi Lulusan
a. Membentuk tim monitoring dan evaluasi Pengembangan Standar Kelulusan yang terdiri dari Kepala Sekolah, koordinator urusan, guru senior.
b. Menyusun format monitor dan evaluasi
c. Melaksanakan monitoring dan evaluasi secara periodik dan terjadwal terhadap pelaksanaan program pengembangan standar kelulusan
d. Menyusun Program Tindak lanjut pelaksanaan monitor dan evaluasi
e. Melaksanakan tindak lanjut hasil monitor dan evaluasi.



L. RENCANA ANGGARAN PROGRAM.


JADWAL KEGIATAN

M. PROGRAM KERJA DAN RENCANA TIAP KEGIATAN

1. Kapan di laksanakan …..(buat jadwal )
2. Siapa saja yang terlibat …( buat panitian,Jobdiskription, Kelengkapan administrasi)
3. Peralatan, Atk, mungkin dana, HR pelaksanaan, dsb berapa jumlahnya (buat Rencana anggaran Biayasecara rinci = besar sesuaikan dengan dana yang sudah teralokasikan di atas), jika harus ada foto/dokumentasi dianggarkan saja..
4. Hasil apa yang didapat dari kegiatan yang dilakukan (hasil dari kegiatan yang bisa didokumentasikan secara tertulis)

Setelah selesai kegiatan, maka semua dokumen no. 1 s.d. 4 di arsipkan dan sewaktu-waktu akan di butuhkan sebagai laporan pertanggungjawaban ke PUSAT.
.

Bookmark and Share

 
SMP NEGERI 2 KWADUNGAN | Template Ireng Manis © 2010 Free Template Ajah. Distribution by Dhe Template. Supported by Cash Money Today and Forex Broker Info